INC Akan Gelar Santri of The Year 2017

JAKARTA – Islam Nusantara Center (INC) akan menyelenggarakan Pagelaran Seni Santri Nusantara dalam rangka penganugerahan Santri of The Year 2017 pada hari Minggu, 22 Oktober 2017. Acara tersebut digelar untuk  memperingati Hari Santri pada tanggal tersebut.

Acara Launching & Press Conference Santri of The Year 2017 akan digelar di Wisma Usaha UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Sabtu 19 Agustus 2017.

“Hari Santri Nasional adalah bukti dan apresiasi besar untuk para pahlawan santri karena telah berjuang dalam segala bidang untuk tegaknya kemerdekaan RI,” kata Zainal Abidin, panitia penyelenggara, Jumat 18 Agustus 2017.

Menurut Direktur Eksekutif INC, Ginanjar A Sya’ban, acara tersebut bermaksud untuk memberikan penghargaan kepada sejumlah tokoh masyarakat, terutama para santri yang berprestasi dan berdedikasi dalam turut menjaga bangsa ini dan berkarya untuk kemajuan negeri.

Santri of The Year 2017 ini dimaksudkan untuk menemukan dan menampilkan tokoh/figur pria dan wanita yang telah memberikan sumbangsih prestasi mereka dalam bentuk gagasan inovatif dan sekaligus kerja dan karya juga prestasi bagi pembangunan bangsa dan negara tercinta ini.

Kedua, mampu membangkitkan motivasi dan dapat memberikan suri tauladan bagi generasi muda serta masyarakat umum untuk lebih giat membangun bangsa dan negara.

Pada puncak penghargaan nanti, INC akan bekerja sama dengan berbagai pihak, khususnya pondok pesantren untuk menampilkan pertunjukan seni dan kreativitas seperti tari Saman, rebana, aksi Pagar Nusa, hadroh, salawat dan lain sebagainya.

Adapun kategori nominasi yang akan dipilih untuk menerima penghargaan antara lain
Santri Inspirasi Bidang Seni & Budaya, Santri Inspirasi Bidang Pendampingan Umat (Dakwah), Santri Inspirasi Bidang Pendidikan, Santri Inspirasi Bidang Wira Usaha/ Entrepreneur, Santri Inspirasi Bidang Kepemimpinan dalam Pemerintah, Pesantren Salaf Inspiratif, Pesantren Modern Inspiratif, Pesantren Enterpreneur Inspiratif, Santri Berprestasi Tingkat Internasional, Pahlawan Santri, Santri Mengabdi Sepanjang Hayat dan penghargaan yg tertinggi adalah Mahasantri Bhakti Negeri.

Untuk nominator yang akan dipilih dalam bidang-bidang tersebut, INC mengajak masyarakat untuk turut serta dalam memilih tokoh-tokoh santri yang layak mendapat penghargaan.

Partisipasi itu dapat dilakukan dengan mengirim  usulan nama-nama  sesuai kategori beserta alasannya, di akun media sosial Islam Nusantara Center (INC), IG @islamnusantaracenter, Twitter @IslamNusantaraC, FB Islam Nusantara Center – INC dan website resmi INC jaringansantri.com

INC menyatakan semua usulan akan disaring oleh dewan juri. Tiga nama nominator tersaring masing-masing kategori akan dipolling di website jaringansantri.com dan akun resmi Twitter Islam Nusantara center (@IslamNusantaraC).

Menurut INC, kegiatan ini merupakan upaya yang baik dan angin segar bagi bangsa Indonesia yang sedang giat-giatnya mengembangkan pendidikan karakter dan alumni pesantren adalah jawabannya. Seperti tahun lalu, munculnya Gus Dur, Menristekdikti, Menpora, Mensos sebagai santri terpilih, tahun ini diharapkan acara Penganugrahan Santri of The Year 2017 benar-benar menemukan tokoh santri inspiratif bagi masyarakat luas, terutama generasi muda di dalam menghadapi tantangan Indonesia masa depan.(man)