Gabungan Organisasi Wanita Kota Serang Ajak Warga Cegah Penyakit Menular Seksual

Penyakit menular seksual merupakan penyakit yang ditakuti oleh setiap orang, terutama bagi kaum wanita. Kelompok resiko yang rentan terinfeksi oleh Penyakit Menular Seksual (PMS) ini sering dialami oleh kebiasaan perilaku yang tidak sehat dalam berhubungan seksual.

Upaya untuk mengedukasi kaum wanita tentang bahayanya PSM, Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kota Serang menggelar acara sosialisasi bertajuk Kesehatan Reproduksi untuk Mencegah Penyakit Menular Seksual, Kamis (18/05).

Ida Dahlia, Bendahara GOW Kota Serang pada kesempatan ini mengajak para peserta yang mengikuti kegiatan tersebut untuk ikut membagikan pengetahuan yang disampaikan oleh dua narasumber.

“Dengan kegiatan ini kita semua berharap para ibu-ibu dan remaja wanita di Kota Serang terhindar dan bisa mengantisipasi dari pada penularan penyakit yang berbahaya itu,” ujar Ida

Ada pun kedua narasumber yang menjadi penyampai materi yaitu Dr. Fuji dan Bidan Uwen Yuheni dari IBI (Ikatan Bidan Indonesia) Kota Serang.

Menurut Dr. Fuji, 99% Impeksi Menular Seksual (IMS) ditularkan melalui hubungan seksual.

“Waspada juga dengan aktivitas lainnya seperti, menggunakan toilet umum. Karena, rentan sekali dengan penyebaran penyakit di tempat tersebut,” sebut Dr. Fuji

Dr. Fuji juga menyebutkan, sedikitnya ada tujuh jenis penyakit impeksi menular seksual yaitu Gonoroe (kencing nanah), Herpes Simpleks, Sifilis (raja singa), Kondiloma Akuminata (kutil pada kemaluan), Ulkus Mole, Hepatitis dan HIV/AIDS.

“Pencegahan sederhanya adalah berlaku setia pada pasangan. Dan jika sudah terindikasi, cegah infeksi ini dengan menggunakan alat kontrasepsi,” kata Dr. Fuji. @NIKO

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *