Empat Bank BUMN Dapat Kenaikan Peringkat Fitch Ratings

Lembaga pemeringkat internasional Fitch Ratings mengumumkan peningkatan peringkat internasional bagi empat bank milik negara.

Keempat bank tersebut adalah PT Bank Mandiri (Persero) Tbk, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk, dan Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia atau Indonesia Eximbank.

Dalam laporan resminya, Selasa (8/8/2017), Fitch juga mengafirmasi peringkat nasional Bank Mandiri, BRI, BNI, PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. Peringkat anak usaha bank BUMN juga diafirmasi.

Anak-anak usaha bank BUMN tersebut antara lain PT Bank Mandiri Taspen Pos (Bank Mantap), PT Mandiri Tunas Finance, dan PT Bank BRI Syariah.

“Rating untuk Indoexim adalah Positif, sementara semua rating untuk bank lainnya adalah Outlook Stabil,” tulis Fitch.

Fitch menyatakan, peringkat ini merefleksikan tingginya probabilitas bank-bank itu untuk terus memperoleh dukungan negara ketika dibutuhkan.

Ini berdasarkan kepentingan sistemik bank-bank tersebut terhadap perekonomian Indonesia.

Empat bank komersial yang disebut, yakni Bank Mandiri, BRI, BTN, dan BNI menyumbang 43 persen total sistem aset perbankan Indonesia pada akhir semester I 2017.

“Fitch terus meyakini bahwa pemerintah Indonesia terus mendukung bank-bank sistemik tersebut selama masa krisis,” ujar Fitch.

Adapun Fitch memandang Bank Mantap, MTF, dan BRI Syariah adalah anak-anak usaha yang penting dan strategis dalam mendukung ekspansi pembiayaan pensiunan, pembiayan konsumer, dan bisnis perbankan syariah pada portofolio induknya.(rm)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *