Eksotisme Pantai Karang Songsong Cibobos

Bosan dengan pantai yang hanya didominasi oleh pasir? Pantai Karang Songsong Cibobos menawarkan suasana dan view yang berbeda. Pantai Karang Songsong Cibobos memiliki view yang didominasi oleh karang dan deburan ombak yang cantik, meski didominasi oleh karang, namun pantai tersebut tidak luput dari nuansa pasir putih yang melengkapi keindahan pantai tersebut. Pantai yang didominasi oleh karang tersebut dinamakan pantai Songsong yang memiliki makna sebagai “karang yang menyongsong” ke arah laut dan langsung berhadapan dengan ombak Laut Jawa bagian selatan yang sangat kencang.

 

Pantai Cibobos memiliki luas 3 hektar yang terletak di Desa Cibobos, Kecamatan Panggarang, Kabupaten Lebak, Banten. Uniknya Pantai Karang Songsong tersebut termasuk ke dalam wilayah resor polisi hutan (RPH) Cibobos dengan ditanami oleh beberapa tanaman, seperti jati, mahoni, dan lain sebagainya.

 

Sebelum memasuki kawasan pantai tersebut pengunjung diwajibkan membeli karcis atau tiket masuk di loket tiket yang tersedia di pintu masuk. Pantai tersebut pun dilengkapi oleh beberapa fasilitas kamar mandi umum maupun tempat sampah guna menjaga kebersihan di kawasan sekitar pantai.

 

Destinasi wisata yang satu ini dapat dikatagorikan sebagai objek fotografi yang menakjubkan terutama bagi pengunjung yang memiliki kegemaran dalam dunia fotografi. Pengunjung dapat berburu foto dengan laut lepas, deburan ombak, maupun pemAndangan matahari terbenam sebagai objek dengan sudut pAndang yang berbeda-beda.

 

Untuk dapat menikmati objek wisata ini pengunjung dapat melalui Serang, Rangkasbitung, maupun Sukabumi. Jika pengunjung melewati rute Serang maupun Rangkasbitung, rute yang akan dilalui hampir sama dengan rute yang dilalui jika pergi ke Pantai Sawarna karena jarak Cibobos ke Sawarna kurang lebih 40 menit. Sepanjang jalan menuju Pantai Karang Songsong pengunjung akan disuguhkan oleh pemAndangan alam berupa laut lepas dan pantai nan cantik.

 

Agar calon pengunjung tidak kebingungan, disediakan dua alternatif perjalanan dari Jakarta menuju Malingping melalui Serang. Pertama melalui jalan Tol Jakarta Merak, kemudian keluar di pintu tol Serang Timur sampai terminal Pakupatan serang, Kemudian tepatnya setelah melewati terminal Pakupatan Serang kemudian mengambil jalur kanan menuju Palima. Jalur kedua adalah Jalan non Tol dari Jakarta dapat melalui jalan Daan mogot Jakarta Barat. Setelah di Jalan Daan Mogot penunjung dapat melalui daerah Tangerang Kota (pemeritahan Kota Tangerang). Setelah sampai di Tangerang kota kemudian menuju arah ke Cimone, di jalan tersebut agak sulit karena kita harus memutar terlebih dahulu ke arah dalam kota.

 

Setelah sampai di Cimone, pengunjung dapat menuju ke arah Cikupa, Kabupaten Tangerang. Dari Cikupa perjalanan berlanjut menuju Balaraja kemudian ke arah Cikande. Sepanjang jalan Cimone menuju Cikande calon pengunjung diharapkan berhati-hati karena Anda akan menemukan banyak kendaraan besar bermuatan barang dengan kapasitas yang cukup besar. Setelah sampai Cikande, perjalanan berlanjut ke Serang Banten. Sebelum sampai di Terminal Pakupatan Serang tepatnya dekat dengan SPBU Terminal Pakupatan Serang, kemudian Anda mengambil jalur kiri menuju Palima.

 

Dua jalur tersebut berakhir di daerah Palima, Serang, Banten. Dari Palima kemudian Anda sebaiknya mengambil jalur kiri menuju Baros untuk kemudian ke menuju Pandeglang. Di Pandeglang sendiri terdapat dua rute alternatif, yaitu melewati alun-alun Pandeglang atau melewati pinggiran Kabupaten Pandeglang. Disarankan Anda melewati pinggiran Kabupaten Pandeglang karena sepanjang jalan akan disuguhkan dengan pemAndangan dari hampran sawah dan gunung yang menakjubkan.

 

Setelah melalui Pandeglang, Anda hanya harus menuju Saketi. Di Saketi ada persimpangan ke arah Malingping dan Labuan, Anda dapat mengambil rute Malingping, Lebak. Dan sepanjang jalan dari Pandeglang menuju Saketi Anda akan dihadapkan dengan kondisi jalan yang rusak karena dibeberapa titik sedang mengalami perbaikan jalan.

 

Meski rute perjalanan menuju Pantai Songsong terkesan rumit dan sulit, namun semua itu akan terbayar jika Anda telah sampai ke lokasi, karena Anda akan langsung disambut oleh angin pantai dengan diiringi oleh suara deburan ombak yang mampu meregangkan otot-otot Anda yang tegang selama perjalanan.

 

@H. AHYA