Dr. Moh. Ali Fadillah 2106 Momentum Menciptakan Atlet Berprestasi

Majalahteras.com-Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Banten Moh Ali Fadilah, mengatakan akan melibatkan stakeholder dalam membangun sumber daya manusia baik dibidang kepemudaan maupun olahraga. “Karena jika event-event kepemudaan ataupun olahraga yang besar tidak akan bisa mereka lakukan sendiri dan harus memiliki tim yang besar pula untuk mencapai target Provinsi. Seperti Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) dan Pekan Pelajar Wilayah Provinsi (POPWIL),” ujarnya.

Program kerja yang sedang dijalankan oleh Dispora sendiri yaitu program pemberdayaan pemuda yang akan diarahkan kepada pengembangan sumber daya yang ada melalui usaha-usaha yang produktif bagi kalangan pemuda sesuai sumber daya di Provinsi Banten agar dunia olahraga di Banten bisa memiliki prestasi dan meningkatkan citra Banten dimata dunia dibidang keolahragaan. Untuk program pembinaan atlet pun Dispora Banten telah memiliki Balai Pembinaan Olahraga yang terletak di Drangong, Kecamatan Taktakan.

Ali menjelaskan agar  Dispora bisa memainkan peran untuk menghidupkan,  mengefektifkan musik-musik lembaga kepemudaan untuk menghasilkan prestasi yang bagus, baik dalam bidang kepemudaan maupun olahraga. Selain itu juga agar ditahun 2016 ini akan menjadi momentum untuk perjalanan 5 tahun yang akan datang. Atlet-atlet Banten juga bisa berprestasi dan mewakili Provinsi dikancah Internasional mungkin Sea Games, Asean Games atau  Olimpiade.

Dinas Pendidikan Kabupaten dan Kota juga agar segera membentuk klub-klub olahraga sekolah sesuai SDM dan Sarana prasarana lingkungan sekolahnya. Cabang olahraga yang meningkat prestasinya dalam tingkat pelajar sejauh ini masih dalam cabang olahraga individu yaitu bela diri karate. Serta untuk  yang lainnya ada pula basket, renang, tekwondo, dan gulat.

Event olahraga ditahun 2016 ini akan sangat padat pada 16 Mei sampai 19 Mei 2016 yang akan datang. Acara ini akan diadakan Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) VIII di Kabupaten Pandeglang, setelah itu sekitar bulan puasa yaitu September Pekan Olahraga Nasional (PON) pada tanggal 16 sampai 21 September, POSPENAS 22-28 Oktober dan POPWIL 9 cabang olahraga di Yogyakarta.

Persiapan POPDA sendiri akan dilaksanakan pada tanggal 16-19 Mei 2016. Pihak Dispora telah melakukan rapat yang pertama pada Selasa 19 Januari 2016 yang lalu di Gedung Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Banten dan akan dilakukan rapat kedua untuk membahas POPDA VIII ini . Kesiapan dari pihak tuan rumah yaitu Kabupaten Pandeglang menyatakan kesiapan yang matang untuk fasilitas dan sebagainya seperti yang diutarakan Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Pandeglang Cecep Juanda.

“Kita tinggal mengecek lapangan , sarana dan prasarana, sumber daya manusia atau kepanitiaannya, Pemda memiliki kontribusi yang signfikan diarahkan bukan hanya prestasi  tetapi sebagian penggalian talenta-talenta muda dibidang keolahragaan ditingkat pelajar serta akan berlanjut dari POPDA menuju POPWIL,” kata Cecep.

Menurut  Djadjuli Khasan sebagai Kepala Bidang Prestasi Olahraga mengungkapkan, bahwa olahraga di Banten ini harus dikaji lagi karena single-single event kurang dilaksanakan di cabang-cabang olahraga baik tingkat pelajar maupun senior. Karena sampai saat ini baik pelajar atau senior hanya mengandalkan multievent seperti POPDA dan PORPROV. “Setidaknya di Banten ini diadakan single event satu cabang itu setahun minimal dua kali, dari single evet ini akan terlihat bibit-bibit atlet baik dari pelajar, mahasiswa ataupun senior.” katanya.