Dr. Ediansyah IMARS, MM: Pasien BPJS dan Umum Mendapat Pelayanan Sama

majalahteras.com – Rumah Sakit An-Nisa Kota Tangerang semakin kuat mengepakan sayap dalam usahanya untuk eksis dibidang pelayanan, yaitu pelayanan kesehatan yang bermutu dan berkomitmen kuat pada keselamatan pasien, pencegahan dan pengendalian infeksi dan menjunjung tinggi hak pasien dan keluarga.

Direktur RS An-Nisa, dr Ediansyah lMARS.MM menjelaskan,Visi RS AN-NISA yaitu menjadi RS berciri Islami yang dipercaya dan dipilih masyarakat serta misinya menyediakan layanan bermutu dan professional. Dan mewujudkan citra Islami diseluruh jajaran dalam segala tindakan dan penampilan serta mengembangkan jiwa melayani secara ihsan pada setiap karyawan.

Lebih lanjut pria ramah dan juga wakil ketua PERSI Banten ini mengatakan dengan semangat Visi Misi dan motto Ihsan dalam pelayanan RS An-Nisa menjejakkan langkah pasti untuk maju dengan pondasi yang kuat sebagai satu kesatuan yang solid dan bersinergi antara perwakilan stokeholder,pengelola RS serta seluruh karyawan yang berkomitmen untuk maju bersama.

Tahun 2014 merupakan awal penerapan jaminan kesehatan nasional (JKN) dimana RS AN_NISA berkomitmen berpartisipasi aktif mensukseknan JKN yang dikelola oleh BPJS Kesehatan.dr Ediansyah mengatakan dalam upaya memberikan pelayanan yang terrbaik bagi pasien BPJS, RS An-Nisa telah mempersiapkan diri dengan cara menguasai konsep CASEMIX dan INAQ CBG yang digunakan sebagai metode pembayaran prospektif.

“Inilah yang membuat RS An-Nisa dapat berkembang dengan pesat walaupun hampir 90 persen konsumennya adalah pasien BPJS” jelas Ediansyah.

Kebijakan tersebut dapat diimplementasikan dengan baik sehingga banyak peserta BPJS yang memilih berobat di RS AN-NISA,hal ini terlihat darijumlah pasien BPJS yang terus meningkat.Pada  tahun 2014 awal pelaksanaan JKN jumlah pasien BPJS sekitar 35 % dan pada tahun 2015 meningkat sekitar 75 % dan pada tahun 2016 ini jumlah pasien BPJS semakin meningkat mencapai 90%.

“Hal ini merupakan bentuk kepuasan masyarakt kepada RS yang telah memberikan pelayanan yang terbaik “ujarnya.

Kebijakan RS An-Nisa dalam memberikan pelayan yang terbaik bagi pasien BPJS menurut dr Ediansyah antara lain, tidak adanya perbedaan layanan antara pasien BPJS maupun pasien umum hal ini terlihat dari counter pendaftaran yang sama tidak ada counter khusus baik itu untuk pasien BPJS maupun umum, tidak ada pembatasan jam pelayanan rawat jalan, selama masih ada dokter spesialis di RS yang berpraktek pasien BPJS tetap akan dilayani di poliklinik dokter spesialis, tidak ada pembatasan tempat tidur untuk pelayan rawat inap pasien BPJS, selama masih ada tempat tidur yang sesuai dengan kebutuhan pasien, tidak ada penarikan iuran  biaya kepada pasien BPJS sesuai dengan hak kelas perawatan.

Dr Ediansyah lebih lanjut menjelaskan bahwa RS An-Nisa juga memberikan pelayan pada hari Sabtu dan Minggu untuk spesialis anak dan kandungan karena pada hari itu kalau ada pasien yang memerlukan pengobatan tidak harus menunggu hari Senin untuk berobat.Dan pihak RS juga telah menyediakan mesin fotocopi, disebelah sekuriti yang dilayani petugas khusus agar pasien tidak perlu jauh untu menyediakan berkas yang harus dicopi sebagai persyaratan pengobatan.

Komitmen RS AN-NISA dalam melayani pasien BPJS pun diapresiasi oleh BPJS Kesehatan dengan menganugerahi RS AN-NISA sebagai RS Swasta yang paling berkomitmen dalam pelaksanaan JKN.Dan harapannya kepercayaan masyarakat terhadap RS AN-NISA semakin meningkat. @NASER