Curug Kumpay Suguhkan Keindahan Alam Yang Eksotis

Majalahteras.com – Kabupaten Lebak yang letaknya berdekatan dengan kota-kota besar di Jawa Barat serta DKI Jakarta menjadikannya sebagai alternatif sestinasi wisata yang pas untuk menyepi dan menjauh dari keraiaman. Apalagi di daerah ini banyak pilihan tempat wisata bertema alam yang masih sepi pengunjung, namun tidak kalah bagusnya dengan tempat wisata di daerah lain.

Salah satu tempat yang wajib Anda kunjungi untuk menikmati alaminya suguhan alam adalah Curug Kumpay. Curug Kumpay merupakan salah satu air terjun cantik di Kampung Kumpay, Kecamatan Sajira, Kabupaten Lebak. Curug ini letaknya berada di atas gunung di dalam hutan sehingga jika ingin ke curug ini sebaiknya membawa pemandu warga sekitar agar tidak tersesat.

Wisata Kebun Curug Kumpay di Sajira Lebak Banten memiliki pesona keindahan yang sangat menarik. Sangat disayangkan jika Anda sedang berada di Lebak tidak mengunjungi Wisata Kebun Curug Kumpay ini yang mempunyai keindahan yang tiada duanya.

Curug Kumpay terkenal dengan cerita mistisnya dan juga dijadikan sebagai tempat untuk melakukan ritual tertentu. Konon setiap ada pengunjung yang datang ke curug ini dan membuang sampah sembarangan di lokasi, esok harinya sampah-sampah tersebut hilang dengan sendirinya. Itulah yang menyebabkan tempat ini selalu bersih. Benar atau tidaknya bisa dibuktikan dengan datang langsung ke lokasi, tetapi buktikan kebersihannya bukan dengan membuang sampah sembarangan.

Di perjalanan Anda akan bertemu dengan turunan berbatu yang curam. Turunan Kumpay terkenal karena kecuramannya. Namun dari kejauhan, terhampar perbukitan yang hijau dan pesawahan yang luas. Setelah itu Anda juga akan memasuki perkampungan yang berada di lembah dengan rumah-rumah berdekatan, kemudian melewati jembatan dengan sungai kecil yang jernih di bawahnya.

Di balik semak, suara gemuruh itu terdengar, gemuruh air yang turun menghempas permukaan cadas di bawahnya. Dari sini bisa dilihat keindahan menjuntai putih, bak selendang sutra raksasa. Curug Kumpay yang mashur itu dengan ketinggian 20 meter lebih. Lelah yang tadi singgah, seketika lenyap. Suara burung terdengar sesekali dari pepohonan di atas sana dan angin yang sejuk membelai tubuh, suasana jadi begitu sunyi, ini sungguh tempat yang benar-benar membuat perasaan dan hati menjadi tenang dan damai.

Untuk menuju Curug Kumpay wisatawan yang berasal dari luar Lebak, ada beberapa alternatif jika wisatawan memakai kendaraan umum seperti bus atau angkutan lainnya juga bukan masalah besar, pasalnya anda bisa berhenti di Terminal Bus Sajira. Setelah itu melanjutkan dengan menggunakan ojek ataupun kendaraan pribadi Anda menuju Kumpay hingga sampai di lokasi Wisata Curug Kumpay di Sajira Lebak tersebut.@Romi dari berbagai sumber