Berwisata di Pusat Taman Hias Kota Tangerang Selatan

Majalahteras.com – Bertempat di Taman Tekno 2 BSD City Jl. Raya Viktor Ciater Barat Tangerang Selatan, berbagai jenis flora dan fauna tersedia di Pusat Bursa Taman Hias. Didukung dengan suasa alam yang masih alami dan terintegrasi dengan Hutan Kota, menambah keindahan dan kenyamanan berlibur sambil  berbelanja tanaman hias di Pusat Busra Taman Hias ini.

Menurut Sutiyanto, Bendahara Paguyuban Tanaman Hias Kota Tangsel, Pusat Bursa Taman Hias yang menjadi binaan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Tangsel menyuguhkan berbagai macam tanaman hias dari yang langka hingga tanaman yang menjadi icon Kota Tangsel yaitu Angrek Douglas.  “Berbagai jenis anggrek tersedia disini, dari anggrek spesies, hibrid hingga anggrek tanah atau yang sering disebut Douglas. Selain itu tanaman langka juga ada seperti Melati Malaysia dan Bumentia Afrika,” terang Yanto yang juga pemilik Dhagsinarga Art Stone ini.

Kelebihan Pusat Tanaman Hias ini, lanjut Yanto, selain kebutuhan tanaman hias beserta peralatan yang lengkap, juga didukung alam yang asri, seperti danau, dan hutan pinus.

Sementara itu Jono, Sekretaris Paguyuban mengatakan disebut pusat tanaman hias karena merupakan satu-satunya pasar tanaman yang menyediakan tanaman hias secara lengkap. Selain itu banyak petani tanaman hias di Tangerang Selatan yang mencapai 250 petani.  “Berbagai jenis tanaman ada disini mulai dari angrek, tanaman hias, tanaman landscap. Kita  juga menyediakan pemasangan taman baik itu indoor atau outdoor  dan kemarin pesanan taman indoor bukan hanya wilayah Tangerang Selatan. Tapi sampai luar Pulau Jawa,” terang Jono.

Jono melanjutkan, semua tanaman hias yang ada disini bukan hanya produk lokal, tapi juga kita mendatangkan produk dari luar negeri terutama angrek jenis spesies lengkap juga jenis-jenis tanaman hias lainnya. “Disini juga ada beberapa seniman bonsai, yang produk-produk bonsainya sudah cukup dikenal dikalangan pencinta bonsai nasional Indonesia bahkan sampai keluar negeri . lalu kami sering mengikuti event-event, baik event lokal, nasional ataupun internasional,” terang Jono .

Senada diungkapkan, Ketua Paguyuban Taman Hias, Catryni, disini tidak hanya tanaman hias saja yang tersedia, berbagai jenis hewan juga tersedia. “Seperti burung, kelinci, landak mini, kura-kura, tupai terbang, ikan naga, arwana,  aligator dan lainnya,” terang Catryni.

Tidak hanya itu, kata Catryni, harga tanaman disini lebih murah namun tetap dengan kuliatas yang baik. “Pengunjung juga dapat menikmati keindahan alam disini, ada danau, hutan pinus. Tempat ini juga dapat digunakan untuk berbagai event dan foto praweeding,” lanjut catryni.

Pengembangan bursa pusat taman hias ini juga menurut Catryn tidak terlepas dari peran pemerintah. “Bantuan pemerintah daerah sangat besar terutama dari Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Tangsel, dengan memberi bantuan bibit bibit tanaman hias kepada para petani khususnya tanaman anggrek,” jelas Catryn.  @WIRI