Begini Diet Sehat bagi yang Sering Begadang

Jika Anda kurang tidur, maka hormon leptin yang berperan dalam mengatur rasa kenyang diproduksi dua kali lebih banyak dari biasanya. Kondisi ini bukannya membuat Anda merasa lebih kenyang, justru akan tubuh menjadi kebal akan hormon leptin tersebut, sehingga mengganggu sinyal rasa kenyang yang seharusnya diterima oleh otak. Hal tersebut mengakibatkan Anda merasa lapar terus padahal baru saja menghabiskan beberapa jenis makanan.

Diet sehat untuk mengontrol berat badan bagi orang yang kurang tidur

Lalu apakah berat badan saya akan terus bertambah jika selalu kurang tidur? Ya, memang sebaiknya Anda beristirahat yang cukup dan tidur malam setidaknya 7 jam, namun jika memang terpaksa begadang, ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk mencegah hal tersebut terjadi.

1. Memilih makanan yang mengandung serat yang tinggi

Anda bisa menekan nafsu makan Anda dengan mengonsumsi makanan yang sehat, seperti makanan yang mengandung serat tinggi. Mengonsumsi makanan yang berserat membuat Anda kenyang lebih lama dan mencegah Anda terus kelaparan seharian.

2. Makanan berprotein tinggi bisa menolong Anda dari rasa lapar yang berlebihan

Tidak hanya serat saja yang bisa menolong Anda dari rasa lapar yang selalu muncul, makanan yang mengandung protein tinggi juga memiliki efek samping yang sama. Tapi hati-hati dengan sumber protein yang mengandung lemak banyak, seperti jeroan, daging ayam yang disertai kulitnya, gajih daging sapi, dan daging kambing.

3. Biasakan untuk makan lebih sering dari biasanya

Percaya atau tidak, makan lebih sering dalam sehari malah bisa membuat nafsu makan Anda turun. Jadi jangan batasi frekuensi makan Anda hanya 3 kali dalam sehari,

4. Sempatkan beberapa menit waktu Anda untuk berolahraga

Percayalah, melakukan diet sehat tanpa berolahraga rutin tidak akan ada artinya. Kedua hal tersebut harus dilakukan bersamaan untuk mendapatkan hasil yang memuaskan. Ya, Anda hanya perlu menyempatkan 10-15 menit dalam sehari untuk berolahraga. @SAMSUL