Bantu Pengungsi Rohingya, Jokowi Lepas 4 Hercules

JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) melepas bantuan berbagai kebutuhan yang diperlukan bagi pengungsi Rohingya melalui Pangkalan Udara TNI-AU Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Rabu (13/9/2017).

Menurut Jokowi, bantuan yang dikirim tersebut merupakan bantuan tahap pertama sejak meletus tragedi kemanusiaan yang dialami etnis Rohingya di Rakhine State, Myanmar. Bantuan itu akan dikirim ke pengungsi yang ada di Rakhine dan perbatasan Banglades.

“Perlu saya sampaikan ini adalah pemberangkatan tahap pertama insya Allah minggu depan akan diberangkatkan lagi yang kedua yang ketiga dan seterusnya,” kata Jokowi dalam sambutannya.

Jokowi menuturkan, bantuan tersebut setelah dirinya mengutus Menlu Retno Marsudi melakukan komunikasi dengan Pemerintah Myanmar dan Bangladesh untuk membahas bantuan kemanusiaan yang diperlukan.

Mantan Wali Kota Solo ini melanjutkan, bantuan dikirim dengan menggunakan empat pesawat Hercules yang di dalamnya ada beras, bantuan makanan siap saji, family Kids, tangki air, tenda untuk pengungsi serta pakaian anak dan selimut. Barang-barang tersebut merupakan yang diperlukan pengungsi Rohingya saat ini.

“Kenapa kita memakai pesawat karena dari pengalaman yang lalu memakai kontainer memakan waktu yang lama, padahal bantuan ini sangat sangat dibutuhkan diharapkan untuk secepatnya dipakai oleh para pengungsi di perbatasan Bangladesh dan Myanmar,” ucapnya.

Turut mendampingi Presiden Jokowi antara lain Menko PMK Puan Maharani, Mensesneg Pratikno, Menlu Retno Marsudi, dan Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo.(man)***