Bakal ada Wisata Di Lintas KA di Purwakarta

Purwakarta – Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi berencana akan menata kawasan yang terlintasi kereta api menjadi kawasan wisata kereta api. Menurutnya, selama ini kawasan yang sebagian lahan milik PT KAI tersebut terlihat kumuh pada hal bisa dimanfaatkan sebagai daya tarik wisata.

Ia mengatakan, sebenarnya sudah lama Pembak Purwakarta menaruh perhatian soal pengelolaan asset-aset milik PT KAI seperti merenovasi stasiun yang sudah tua hingga menata tempat berjualan pedagang di stasiun.

“penataan akan dilakukan dari perbatasan Karawang hingga perbatasan Kabupaten Bandung yang terlintasi rel kereta api,” kata Dedi kepada wartawan, Sabtu (18/3/2017).

“Karena saat ini naik kereta api itu problemnya pemandangan kira kanannya itu kumuh,” lanjutnya
Dedi menjelaskan, penataan dilakukan dengan cara menyulap rumah penduduk menjadi rumah adat atau merelokasi warga ke tempat lain. Diharapkan tidak ada lagi kawasan yang terlihat kumuh.

” Saya mau wisata kereta api itu jadi tren pengembangan wisata di Purwakarta. Mengingat di Purwakarta ada beberapa stasiun, kami lihat ada potensi,” ucap Dedi.

Ia melanjutkan untuk mewujudkan itu, pihaknya bekerja sama dengan Deputi Bidang Infrastruktur Kemenko Kemaritiman. Selain itu juga bekerjasama dengan PT KAI selaku pengelola dan Dirjen Perkereta apian sebagai regulator.