Air Terjun Niagara Mini Khas Kota Bekasi

Majalahteras.com – Nama Bantargebang mendadak menjadi terkenal di publik karena sebuah tempat yang indah. Biasanya, nama tempat di wilayah Bekasi tersebut identik dengan tempat pembuangan sampah di daerah Bekasi. Tahukah Anda, tidak jauh dari sana, terdapat sebuah air terjun indah yang mirip dengan Air Terjun Niagara di AS dengan ukuran yang mini. Rasanya sulit untuk membayangkan sebuah air terjun indah yang terletak tidak jauh dari Bantargebang di Bekasi, tapi itu adalah benar adanya.

Tak banyak yang mengetahui bahwa Kota Bekasi memiliki keindahan alam yang mengagumkan, salah satunya Curug Parigi. Lokasi air terjun ini berada di Jalan Raya Narogong, tidak jauh dari TPU Bantargebang, tersembunyi Curug Parigi di belakang komplek perumahan Villa Nusa Indah 5. Di kalangan masyarakat Bekasi, Curug Parigi memang telah dikenal sebagai salah satu tempat rekreasi murah meriah.

Curug Parigi adalah nama yang diberikan warga sesuai dengan nama tempat air terjun itu berada, yaitu berada di kampung Parigi, Desa Cikiwul, Kecamatan Bantar Gebang, Kota Bekasi. Di atas Curug Parigi, terdapat lima warung yang terbuat dari bambu-bambu yang ditutupi terepal atau pun seng milik warga. Untuk menuruni curug ini pengunjung harus melewati jalan setapak yang dibuat warga. Yang perlu diingat anda harus berhati-hati dengan jalan setapak tersebut, karena jalannya licin dengan turunan yang menukik

Air terjun ini hanya mengalir di ketinggian 4 meter. Namun lebar dan memanjang sepanjang 50 meter. Aliran sungai yang mengalir dari atas ke bawah membuatnya tampak seperti Air Terjun Niagara versi mini yang tidak kalah indah.

Di bawah air terjun itu terdapat hamparan batu balok besar. Pengunjung dapat menikmati suara gemericik air di atas puluhan batu balok tersebut. Lelaki berambut gimbal tampak sedang menikmati suara air di atas batu itu. Buih-buih yang ditimbulkan air terjun hanyut ke hilir membentur bebatuan, lalu menghilang.

Bebatuan memecah air yang mengalir di atasnya, sehingga air yang mengalir ke bawah pun menjadikannya tiga aliran, sehingga membentuk dirinya menjadi 3 air terjun, namun yang paling mirip dengan Niagara adalah air terjun yang berada di tengah.

Biasanya warga sekitar datang ke Curug Parigi pada sore hari atau weekend untuk bersantai dari rutinitas. Bahkan tidak sedikit juga anak-anak sekitar yang biasa berenang dan main air di Curug Parigi.

Warga yang berdomisili di sekitaran Bekasi, Curug Parigi ibaratnya oase indah di antara belantara pabrik dan kemacetan yang menjadi ciri khas kota Bekasi. Kalau penasaran, datang dan buktikan sendiri keindahan Curug Parigi di Bekasi. Tempat ini biasanya ramai mulai pukul 09.00 WIB dan sepi pengunjung menjelang magrib atau pukul 18.00 WIB. @DEWI