Air Mancur Purwakarta

Majalahteras.com – Purwakarta, Jawa Barat kini memiliki destinasi wisata yang harus diketahui halayak banyak, karena Purwakarta telah meresmikan Air Mancur Sri Baduga terbesar di Indonesia.

Taman Air Mancur ini sengaja dibangun Pemerintah Kabupaten Purwakarta sebagai bagian dari promosi wisata. Terletak di tengah kota, dengan luas area dua hektar, menyulap sebuah danau kecil (situ) yang disebut Situ Buleud, karena bentuknya yang bulat.

Menurut Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi pada peresmian tepatnya 27 Desember 2014, Air Mancur Sri Baduga dibangun untuk menarik kunjungan wisatawan. “Air mancur ini merupakan pembangunan tahap pertama dari Taman Sri Baduga. Dengan lingkaran 1 hektare, air mancur ini menjadi yang terbesar di Indonesia,” ujar Dedi.

Dedi juga menjelaskan, air mancur ini memiliki banyak variasi gerakan, disesuaikan dengan hentakan irama musik. Jika hentakan cukup cepat, air mancur pun akan menari dengan cepat. Namun jika alunan musik lambat, air mancur akan menari dengan gemulai.

“Kami program beragam jenis musik secara digital. Jadi pengunjung tak hanya bisa melihat air mancur menari, tapi juga iringan musik,” terangnya.

Selain musik dan variasi tarian air mancur, pihaknya akan melengkapinya dengan unsur tata cahaya dan api di atas air. Bahkan ke depan, di sekeliling taman akan dipasang kursi untuk menonton teater.

Semua sajian tersebut bisa dinikmati secara cuma-cuma setiap Sabtu malam pada pukul 20.00-22.00 WIB. Sedangkan untuk hari biasa, air mancur bisa dinikmati pada pukul 06.00-09.00 WIB serta 15.30-18.00 WIB.

“Walau taman ini modern, dengan air mancur di sekeliling danau, namun konsep kami ingin mengangkat citra Purwakarta yang tidak melupakan sejarah Padjadjaran.”, tegas Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi.

Selain penataan, penataan taman kota ini juga sebagai bagian komitmen Dedi menumbuhkan Purwakarta sebagai tujuan wisata. Menurutnya, Purwakarta akan tumbuh menjadi gadis cantik, yang hanya dengan senyuman saja, orang akan tertarik untuk datang.@YADI